Jumat, 13 Januari 2012

CERMIN CEKUNG

A. PENDAHULUAN
1. Latar belakang
Mengembangkan keterampilan-keterampilan untuk memperoleh dan menerapkan konsep fisika dengan kecerdasan dan kreatifitasan siswa, menanamkan sikap ilmiah kepada siswa dan melatihnya dengan cara praktek untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi siswa secara ilmiah. Dan memberikan pengetahuan dasar kepada siswa untuk melanjutkan pendidikan baik ke jenjang yang lebih tinggi maupun penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kita dapat temui.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong pembaharuan dalam pemanfaatan dalam hasi-hasil teknologi dalam proses belajar.para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah dan tidak menutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan zamam dahulu dan sampai sekarang.
2. Tujuan
Adapun tujuan dari proposal ini adalah mengetahui hubungan antara media dan proses pembelajaran dan syarat pemenuhan tugas semester 11 (dua) pada mata kuliah pengembangan media sederhana dan sablon.
3. Manfaat
Secara umum manfaat media dalam proses pembelajaran adalah mempelancarkan proses intteraksi antara pendidk dan peserta didik atau antara dosen dengan mahasiswa atau guru dengan murid. Dan hal ini pada gilirannya akan membantu maha siswa atau peserta didik untuk belajar secara optimal.


B. PROSES PEMBUATAN MEDIA SEDERHANA CERMIN CEKUNG
1. Peralatan
a. Mistar
b. Kaca
2. Bahan
a. Lilin
b. Cermin cekung
c. Pegangan cermin
d. Layar
e. Kayu
f. Lem kaca
3. Proses Pembuatan Media Sederhana Cermin Cekung
a. Letakkan terlebih dahulu mistar diatas kaca dengan rapi
b. Letakkan layar, lilin, cermin cekung diatas mistar dengan menggunakn lem kaca
c. Menentukan jarak benda dengan cermin (S₀ dan O),kemudian geser-geser layar sehingga telihat bayangan lilin pada layar yang paling jelas dan tajam
d. Lakukan percobaan dengan mengulang berkali-kali dengan jarak benda yang berbeda (S₀)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar